Batu Untuk Pondasi Bangunan

Batu Untuk Pondasi Bangunan – Dalam sebuah bangunan bagian pondasi tentu memegang peranan yang sangat penting karena bagian inilah yang akan menentukan kekokohan suatu bangunan. Oleh karena itu pemilihan material untuk pondasi haruslah berkualitas baik. Untuk bangunan bertingkat harus menggunakan pondasi cakar ayam, sedangkan untuk bangunan rumah biasa cukup menggunakan cor dan batu.

Batu Untuk Pondasi Bangunan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa batu digunakan dalam pondasi suatu bangunan. Batu ini akan memperkokoh kekuatan dari bangunan tersebut dan juga dapat meredam getaran yang terjadi. Tentu batu ini juga haruslah batu yang kuat dan kokoh.

Lalu batu apa sajakah yang baik digunakan untuk pondasi suatu bangunan, berikut adalah batu untuk pondasi bangunan :

Batu Bulat
Jenis batu ini adalah yang paling banyak ditemui di negara kita. Batu bulat sendiri ada yang berasal dari batu kali dan batu sungai, namun ada juga yang berasal dari pegunungan. Secara umum batu ini mempunyai warna hitam ke abu-abuan.

Batu ini merupakan batu yang paling banyak digunakan sebagai pondasi bangunan karena mudah didapatkan. Karena batu bulat ini biasa terdapat di kali / sungai maka terkadang pada lapisan batu ini ditumbuhi lumut. Oleh karena itu sebelum digunakan sebagai pondasi maka lumut ini harus dibersihkan dengan cara disikat terlebih dahulu.

Hal ini perlu dilakukan karena bila batu yang berlumut digunakan dalam pondasi maka bila lumut ini kering akan memberikan rongga dalam pondasi tersebut. Meskipun kecil namun bila lumut tersebut dalam jumlah banyak maka akan mengurangi kekuatan pondasi tersebut. Bila batu ini digunakan dalam bentuk aslinya maka kelemahannya adalah daya cengkram antara batu dan cor akan berkurang. Hal ini disebabkan tentu karena bentuknya tersebut

Batu Belah
Pada dasarnya batu belah berasal dari batu bulat berukuran besar yang dipecah menggunakan alat / mesin bantu. Batu ini mempunyai warna sesuai dengan tempat batu ini berasal seperti dari sungai maupun gunung dan perbukitan.

Batu belah yang berasal dari letusan gunung berapi yang ikut dimuntahkan saat erupsi merupakan jenis batu yang sangat baik digunakan sebagai pondasi bangunan. Penggunaan batu ini juga dapat disesuaikan dengan luas pondasi yang dinginkan dengan rapi dan presisi yang akan menyeimbangkan beban bangunan yang diterima pondasi.

Selain itu batu belah juga memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik yang sudah teruji menggunakan alat ukur kekerasan yaitu hardness tester. Batu belah juga tidak mudah lapuk sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama tanpa perlu khawatir akan terjadi pengeroposan.

Batu Blondos
Batu blondos juga merupakan batu yang berasal dari batu bulat sungai yang berukuran lebih kecil. Batu blondos juga memiliki kulitas, kekuatan dan kekerasan yang baik. Selain digunakan sebagai fondasi bangunan, batu jenis ini juga digunakan untuk hiasan pada dinding bangunan maupun taman.

Batu Karang
Batu yang biasanya berwarna putih atau kuning muda dan ada juga yang kehitaman ini juga merupakan batu yang baik digunakan sebagai pondasi bangunan. Sesuai dengan namanya, batu ini hanya bisa ditemukan di daerah pantai atau laut. Batu ini mempunyai tekstur yang keras dengan garis warna yang memudar yang bersih.

Demikian adalah beberapa jenis batu untuk pondasi bangunan yang baik dan tentunya dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang akan membuat pondasi bangunan.

Tags: