Cara Menambah Berat Badan

Cara Menambah Berat Badan – Memiliki anak yang bertubuh berisi dan padat tentu sangat menyenangkan bagi orang tua. Cara menambah berat badan untuk anak-anak bisa dibilang gampang-gampang susah daripada program diet tambah berat badan untuk orang dewasa. Setiap anak memiliki masalah makan yang berbeda-beda.

Cara Menambah Berat Badan

Ada yang memiliki nafsu makan besar dan tidak rewel dengan jenis makanan apapun dan ada juga yang tidak suka makan sayur dan buah dan sulit makan sehingga terlihat kurus. Anak yang sulit makan biasanya lebih berisiko terkena cacingan dan mudah sakit daripada anak yang memiliki nafsu makan besar, karena proses metabolisme tubuh dibentuk dari makanan yang dikonsumsi. Apabila anak jarang makan maka pertahanan tubuhnya melawan penyakit akan kurang.

1. Program diet khusus tambah berat badan untuk anak-anak. Variasikan makanan karbohidrat terutama bagi anak yang tidak terlalu suka makan dengan nasi. Anda bisa membuat camilan yang terbuat dari umbi-umbian seperti donat kentang, bola-bola ubi ungu dan kuning, keripik singkong, roti, cake, dan sebagainya sebagai pendamping karbohidrat utama.

2. Perbanyak protein. Apabila anak Anda lebih menyukai daging seperti ayam atau daging sapi, maka tidak perlu memaksakan anak untuk mau mengonsumsi kacang-kacangan. Telur bisa menjadi makanan penambah berat badan yang lain apabila anak merasa bosan. Untuk menyiasati anak yang tidak suka dengan kacang-kacangan, Anda bisa menggunakan selai kacang dan menambahkan topping kacang pada hidangan penutup. Cara menambah berat badan dengan memperbanyak protein juga bisa dari minuman. Biasakan anak untuk mengonsumsi susu saat sarapan dan memberi jus buah untuk selingan.

3. Cara menambah berat badan anak dengan olahraga. Ajak anak untuk berolahraga seperti bersepeda atau lompat tali sebagai permainan. Gerak anak memang sudah sangat aktif meskipun tidak berolahraga, namun tidak ada salahnya mencoba untuk mengajarkan anak rutin berolahraga rutin. Ajak anak untuk lari pagi pada acara car free day yang bisa sekalian makan bersama setelah olahraga karena suasana saat makan di rumah dan di pinggir jalan akan sangat berbeda.

4. Jamu penambah nafsu anak yang enak. Tambahkan bubuk kunir, telur ayam kampung mentah, madu, asam jawa, dan sedikit tambahan gula merah. Campur jadi satu dan seduh dengan air hangat. Apabila si kecil tidak suka dengan cara menambah berat badan dengan jamu ini, maka bisa dengan cara dibawah ini yang lebih praktis.

5. Buah-buahan seperti pisang dan alpukat. Pisang mengandung karbohidrat dan vitamin, sedangkan alpukat mengandung lemak tak jenuh, kalori, magnesium, dan asam folat.

6. Mengonsumsi suplemen makanan seperti penambah nafsu makan, penambah vitamin dan mineral, minyak ikan, atau ekstrak sayur dan buah. Banyak suplemen penambah berat badan atau penambah nafsu makan yang dijual secara bebas di apotek.

Untuk menyiasati anak untuk mau makan tentu Anda harus pintar-pintar mengolah bahan makanan menjadi masakan yang disukai oleh anak-anak. Untuk bekal makan siang anak di sekolah misalnya, Anda bisa membuat kreasi bento dengan membuat karakter-karakter lucu ala bekal makan anak ala Jepang. Bekali anak ke sekolah lengkap dengan air minum bisa air putih, jus, atau susu.

Cara menambah berat badan anak perlu perhatian yang lebih karena sebagai orang tua perlu mengetahui jenis makanan apa yang disukai anak-anak dan bahan makanan apa yang tidak disukainya sehingga Ibu di rumah bisa memikirkan cara bagaimana agar anak mau makan makanan yang tidak disukai menjadi suka.

Tags: