Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Cara Menghilangkan Bau Ketiak – Bau ketiak merupakan permasalahan yang sangat mengganggu ketenangan banyak orang. Sebab, bau ketiak tidak hanya membuat risih diri sendiri, melainkan juga orang-orang yang berada di sekitar kita. Berbagai cara menghilangkan bau ketiak dilakukan agar tidak menimbulkan bau secara terus-menerus.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Bau ketiak kerap dialami sebagian besar orang yang banya melakukan aktivitas di luar ruangan. Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, tentu Anda akan menghasilkan banyak keringat yang keluar dari pori-pori seluruh tubuh, termasuk ketiak. Karena area pada ketiak tertutup, maka bau tak sedaplah yang akan muncul.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ampuh

Namun, Anda tak perlu risau, sejatinya banyak cara menghilangkan bau ketiak yang dapat diupayakan tidak hanya dengan menggunakan deodorant, melainkan dengan cara lainnya sebagai berikut:

1. Menghindari penyebab bau ketiak
Agar terhindari dari bau ketiak yang menyengat. Cara menghilangkan bau ketiak bisa dilakukan dengan menghindari makanan penyebabnya, seperti: daging merah yang cukup sulit dicerna oeh usus., sehingga berakibat masih adanya sisa dalam usus berupa racun. Sisa inilah yang akan menyebabkan keringan berbau tak sedap. Kedua, alkohol, rokok, dan kafein yang sudha menjadi kebiasaan banyak orang.

Ketiga, makanan cepat saji yang dibuat dengan cara instan tentu saja mengandung bahan bersenyawa tak baik. Kandungan senyawa tak sehat inilah yang akan membusuk dalam tubuh dan sulit diurai. Lama-kelamaan akan menimbulkan bau tak sedap yang akan keluar melalui keringat. Keempat, rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, atau bumbu kari.

2. Rajin mandi dua kali dalam sehari
Apakah Anda termasuk jarang mandi? Jika iya, segera ubah pola hidup Anda. Setiap orang mengeluarkan keringat dari pori-pori tubuh. Keringat mengandung bakteri dan kuman yang sengaja dikeluarkan oleh tubuh. Jika tidak mandi, keringat akan kembali masuk ke tubuh Anda dan mengeluarkan bau tak sedap, terutama pada bagian tertutup, seperti ketiak.

Para ahli kesehatan mengatakan, cara menghilangkan bau ketiak secara permanen adalah dengan mandi rutin minimal dua kali dalam sehari. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun antibakteria.

3. Menggunakan bahan-bahan alami
Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak, di antaranya:

Daun sirih
Daun sirih mengandung zat antiseptik dan antibakteri yang ampuh mengatasi masalah kesehatan. Caranya, tumbuk beberapa lembar daun sirih hingga halus. Oleskan pada ketiak Anda sembari gosok lembut selama 5 menit. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air hangat. Selain dari luar, Anda juga bisa menghilangkan bau ketiak dari dalam tubuh, yaitu dengan rutin meminum rebusan daun sirih.

Daun kemangi
Aroma khas dari daun kemangi dapat menghilangkan bau mulut hingga bau ketiak. Caranya, hanya dengan mengkonsumsi secara rutin daun kemangi yang cukup mudah di dapat.

Daun beluntas
Daun beluntas juga kerpa dijadikan bahan lalapan sama seperti daun kemangi. Daun ini kerap tumbuh liar di sekitar perkebunan. Anda bisa memetiknya dan menumbuknya untuk dioleskan pada bagian ketiak. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Cengkeh
Berbicara soal pencegaan bakteri dan radang, cengkeh juga jagonya. Caranya cukup dengan merendam cengkeh dengan air matang yang hangat. Konsumsi rutin 3 kali seminggu atau dibasuhkan pada ketiak secara langsung.

Demikian cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Jika dilakukan rutin cara ini bisa sangat ampuh dan permanen mengatasi bau ketiak.

Tags: