Cara Menghilangkan Bau Mulut

Posted on

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Bau mulut memang masih menjadi permasalahan utama bagi banyak orang. Mulut yang mengeluarkan bau tak sedap berakibat fatal, namun bagi seseorang yang mengalaminya tentu hal ini amat sangat mengganggu, begitu juga orang yang berada didekatnya. Karenanya, banyak orang yang senantiasa mencari cara menghilangkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bagaimana tidak mengganggu? Lawan bicara Anda pasti dapat dengan cepat merespon negatif saat mencium bau mulut Anda. Coba bayangkan, jika lawan bicara Anda adalah calon klien, bisa jadi kerjasama batal hanya karena bau mulut. Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ampuh

Ketahuilah, ada banyak faktor peyebab mulut berbau tak sedap, yaitu gigi berlubang, asam lambung meningkat, penyakit organ dalam, memakan makanan dengan bau menyengat, merokok dan minum alkohol, hingga faktor keturunan. Agar hal-hal yang hidup Anda terbebas dari bau mulut, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami tanpa bahan kimia. Simak yang berikut ini.

1. Selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut
Sejak kecil Anda pasti selalu diajarkan untuk rutin menggosok gigi 2-3 kali dalam sehari. Ini merupakan cara menghilangkan bau mulut yang dianjuran dokter gigi untuk menghindari adanya gigi berlubang atau kotoran gigi yang menumpuk dan mengeras menjadi karang. Sikatlah gigi minimal 30 menit setelah makan. Jangan pernah lewatkan menggosok gigi di malam hari, karena pada malam harilah kuman di gigi akan bekerja.

2. Perbanyak makanan berserat dan minum air putih
Untuk mencegah bau mulut yang berasal dari organ dalam tubuh, Anda harus menjaga selalu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi selalu makanan berserat tinggi, seperti sayur dan buah-buahan. Dengan begitu, Anda tidak hanya mencegah bau mulut, melainkan juga mencegah terjadinya permasalahan pada kesehatan Anda.

3. Hindari rokok dan alkohol
Rokok dan alkohol memang sudah terbukti banyak menyebabkan pengarhuh buruk hingga kerusakan pada organ tubuh, tak terkecuali gigi dan mulut. Orang yang gemar merokok dan meminum alkohol sudah pasti akan menimbulkan bau tak sedap pada mulutnya, bahkan tubuhnya. Karenanya, berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu Cara menghilangkan bau mulut yang ampuh.

4. Berkumur air rebusan Daun Sirih
Anda juga bisa mengunyah daun sirih secara rutin untuk menghilangkan bau mulut. Di mana, daun sirih memang sangat dikenal memiliki kandungan antiseprik yang ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun, jika Anda tak terbiasa dengan rasanya, Anda bisa melakukan kumur-kumur dengan daun sirih. Caranya dengan merebus beberapa helai daun sirih, bisa juga dicampur dengan kayu manis. Kemudian, berkumur hingga kurang lebih 1-2 menit. Berkumurlah secara rutin pada malam hari saja. Sebab, jika terlalu sering, mulut Anda bisa terasa kering.

5. Mengunyah cengkeh
Selain daun sirih, cengkeh juga merupakan bahan alami yang memiliki segudang khasiat untuk masalah kesehatan, tak terkecuali mengatasi bau mulut. Caranya, siapkan biji cengkeh yang telah dikeringkan, kemudian kunyah biji-biji cengkeh selama beberapa menit hingga cengkeh menjadi lembut. Setelahnya, buang sisa cengkeh di dalam mulut dan berkumur menggunakan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, pasti bau mulut akan hilang. Hal ini karena cengkeh mengandung senyawa anti bakteri.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda terapkan di rumah. Caranya sangat mudah untuk dilakukan secara rutin dan bahannya juga mudah di dapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *