Cara Menyiapkan Tanah Liat Untuk Keramik

Cara Menyiapkan Tanah Liat Untuk Keramik – Kerajinan keramik merupakan salah satu souvenir yang banyak diburu orang – orang untuk acara seperti hajatan, seminar, hadiah bonus dll. Pada dasarnya kerajinan keramik ini dibuat dari bahan dasar tanah liat, namun pada perkembangannya dapat juga dibuat dari batu, gerabah, tembikar hingga bahan sintetis.

Cara Menyiapkan Tanah Liat Untuk Keramik

Namun yang tetap menjadi primadona adalah keramik yang berasal dari tanah liat. Hal ini karena keramik tanah liat mudah untuk dibentuk sehingga memudahkan dalam memberi motif pada kerajinannya.

Apakah Anda tahu bagaimana proses pembuatan keramik? ternyata ada tahap – tahap yang harus dilakukan yaitu :

1. Proses pencarian tanah liat

Tentu untuk membuat kerajinan keramik yang bagus juga membutuhkan tanah liat yang bagus juga. Tanah liat yang bagus ini tidak harus berasal dari desa pengerajin tanah liat. Tanah liat yang bagus beberapa cirinya adalah mudah dibentuk dan tidak bercampur dengan kotoran maupun batuan kecil.

2. Pengolahan bahan

Meskipun sudah mendapatkan bahan baku yang bagus namun bahan baku tanah liat ini harus diproses lebih lanjut agar siap digunakan untuk dibentuk menjadi kerajinan. Proses pengolahan ini meliputi tahap :

  • Penimbunan,
    Tanah liat yang telah diambil ini harus ditimbun terlabih dahulu dengan diberi air. Hal ini berguna untuk membuat air meresap ke seluruh bagian tanah liat dan hal ini juga berguna untuk melarutkan garam sulfat yang ada dalam tanah liat.
  • Penggilingan
    Terkadang tanah liat atau lempung yang digunakan untuk membuat keramik atau tanah liat tidak berbentuk seperti tanah biasa, namun kadang berbentuk bongkahan. Oleh karena itu tanah liat seperti harus melewati proses penggilingan.
  • Pengurangan kadar air
    Pengurangan kadar air dilakukan pada proses basah dimana tanah liat yang masih berwujud lumpur akan lebih dikentalkan agar menjadi tanah yang siap dibentuk. Anda dapat mengurangi kadar air tanah ini dengan diangin – anginkan agar siap memasuki tahap pengulian yang bertujuan untuk menyamakan massa badan tanah liat guna membebaskan gelembung – gelembung udara yang mungkin masih terjebak.

Proses diatas haruslah dilakukan dengan tepat dan benar sesuai urutanya agar keramik yang dihasilkan berkualitas baik.

Tags: