Diet Sehat dan Cepat

Diet sebenarnya bukan istilah untuk kegiatan menurunkan berat badan. Diet sebenarnya memiliki arti makanan yang sehat. Namun, karena dengan pola makan atau diet yang sehat akan memberikan efek penurunan berat badan menjadi ideal, kata diet sering kali dijadikan istilah untuk kegiatan dengan tujuan penurunan berat badan.

Diet Sehat dan Cepat

Diet sehat dan cepat kini banyak dicari. Apalagi gaya hidup sehat kini sudah menggeser gaya hidup glamour dan mewah. Tren hidup sehat dan memiliki tubuh yang atletis menjadi impian banyak orang. Berbagai macam program penurunan berat badan untuk mencapai tubuh dengan proporsi yang ideal banyak ditawarkan.

Berbagai tipe ‘diet’ pun banyak ditemukan sehingga membuat kita bingung memilih tipe diet seperti apa yang tepat untuk diri kita. Sebenarnya, agar mendapatkan tubuh sehat dan ideal dalam waktu singkat, ada kunci pokok yang harus Anda lakukan. Adapun kunci pokok tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mengganti pola makan dengan diet yang sehat
Sudah tidak diragukan lagi bahwa masalah utama yang menyebabkan tubuh kelebihan lemak ada pada makanan yang dikonsumsi. Diet sehat dan cepat dapat terwujud jika kita mengatasi masalah utama yaitu pola makan. Mengubah pola makan secara total menjadi pola makan yang sehat akan sangat membantu Anda dalam mempercepat penurunan berat badan.

Mengubah pola makan tidak sama dengan mengurangi makan atau tidak makan. Pola makan yang sehat adalah pola makan yang mencukupi kebutuhan gizi serta kalori harian kita. Banyak makan sayur dan buah sangat baik untuk
kebutuhan serat harian. Hindari makanan junkfood seperti gorengan, camilan, soda, alkohol, dan makanan sejenisnya. Makan secara teratur dan jangan sampai lupa untuk sarapan. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk dilakukan.

2. Berolahraga
Selain mengubah pola makan, kunci utama diet sehat dan cepat adalah dengan melakukan olahraga. Pemilihan olahraga yang tepat dapat disesuaikan dengan berat badan kita. Orang yang menderita over weight atau kelebihan berat badan sebaiknya mengubah pola makan terlebih dahulu tanpa melakukan olahraga berat.

Pilih olahraga yang ringan agar tidak membebani jantung. Setelah berat badan turun dan mendekati ideal, Anda dapat melakukan olahraga high impact untuk mengencangkan kulit dan badan Anda. Olahraga high impact juga baik untuk membentuk otot sehingga proporsi tubuh Anda tidak hanya ‘tambah kurus’ tetapi memiliki bentuk yang ideal.

Penurunan berat badan yang sehat adalah penurunan berat badan tanpa membuat masa otot Anda berkurang drastis, oleh karenanya, menjaga masa otot atau bahkan menaikkannya menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

3. Memenuhi kebutuhan air harian
Satu lagi kunci diet sehat dan cepat yaitu memenuhi kebutuhan cairan harian. Kebutuhan cairan dapat dipenuhi dengan cukup meminum air putih. Walaupun minum air putih dianjurkan dan baik untuk kesehatan, namun, minum air putih berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

Cukup minum air putih kurang lebih 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan badan kita. Semakin tinggi berat badan biasanya akan membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak. Orang yang menjalankan aktivitas yang padat dan banyak berkeringat juga membutuhkan cairan yang lebih banyak.

Diet sehat dan cepat dapat dicapai dengan melakukan 3 hal di atas. Tidak perlu metode penurunan berat badan yang rumit untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Hal yang menjadi masalah adalah komitmen dan kemauan. Jika Anda memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi, Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal dengan cepat.

Tags: