Manfaat Daun Insulin

Manfaat Daun Insulin – Daun insulin dikenal oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya yang bisa mengobati diabetes. Karena manfaat utamanya tersebut, maka daun ini dinamakan daun insulin. Daun insulin sebenarnya tidak benar-benar menyembuhkan penyakit diabetes, namun menjaga gula darah untuk tetap stabil.

Manfaat Daun Insulin

Mengenai manfaat daun insulin untuk penyakit diabetes, daripada kata ‘mengobati’ atau ‘menyembuhkan’ mungkin akan lebih tepat jika menggunakan kata ‘membantu mengatasi’, karena sejauh ini belum ada penelitian medis yang lebih lanjut tentang daun yang bernama latin Smallanthus sonchifolius ini, meskipun oleh beberapa ahli pengobatan sudah membuktikan kebenarannya.

Daun insulin memiliki senyawa kimia yang cukup banyak dan belum diketahui lebih lanjut apakah daun ini juga memiliki nutrisi seperti vitamin atau mineral ataukah hanya memiliki zat-zat kimia yang diperlukan untuk pengobatan.

1. Manfaat daun insulin yang pertama adalah sebagai pengontrol gula darah. Daun ini mengandung fruktosa pada akar atau umbinya, yang tidak dapat dicerna namun bisa difermentasikan oleh usus besar. Kandungan fructooligosaccharide inilah yang berperan sebagai prebiotik alami meskipun memiliki kandungan fruktosa lebih dari 30 persen.

2. Menjaga kinerja hati. Hati yang berfungsi untuk menyaring racun ini dengan daun insulin mencegah racun-racun dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh tidak menumpuk di dalam hati. Pembentukan glukosa pada organ ini juga akan diperlambat sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

3. Antimikroba. Bakteri dan jamur dapat dicegah masuk ke dalam ginjal. Bagi penderita diabetes, pantang terkena penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri atau jamur karena akan menjadi masalah komplikasi dan karena penyembuhan suatu luka pada penderita diabetes lebih lama dan bahkan sulit sembuh.

4. Antioksidan. Tidak hanya sebagai antimikroba tetapi manfaat daun insulin juga sebagai antioksidan. Aktioksidan yang terkandung di sini adalah asam chlorogenic, asam ferullic, melampolide, dan asam cafeic. Asam chlorogenic dan melampolide yang menjaga fungsi pankreas dan organ lain agar terhindar dari radikal bebas.

5. Mengobati radang tenggorokan. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam daun insulin berfungsi sebagai antiinflamasi. Peradangan pada tenggorokan bisa diatasi dengan daun ini dengan cara menyeduhnya atau merebusnya.

Untuk menjaga manfaat daun insulin tetap utuh, cukup rebus beberapa helai daun insulin kemudian rebus hingga pada suhu maksimal 75-80° C. apabila direbus hingga mendidih pada suhu 100° C maka kandungan-kandungan senyawa kimianya akan hilang.

Daun insulin memiliki beberapa nama lain yang terkenal. Secara internasional daun ini disebut daun yakon (yacon), dan pada masyarakat lokal biasa ada yang menamai daun rondo semoyo atau daun kembang bulan, karena bentuk bunganya yang seperti bulan dan berwarna kuning. Sekarang daun insulin sudah banyak diproduksi dalam bentuk kemasan teh dan siap dikonsumsi.

Daun teh insulin diproduksi oleh beberapa perusahaan obat herbal dan menjadi peluang bisnis yang besar karena banyak masyarakat yang berminat untuk membelinya karena tergiur dengan manfaatnya. Gunakan daun insulin sewajarnya dan tidak digunakan untuk jangka panjang karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti gagal ginjal.

Manfaat daun insulin untuk diabetes memang pernah dilakukan uji coba (dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health pada tahun 2010) pada objek tikus dan memang ada respon baik mengenai kadar gula darah yang stabil. Namun, ketika dilakukan uji coba (pada sumber yang sama pada tahun 2011) untuk jangka panjang pada tikus tersebut, ternyata tikus percobaan mengalami kerusakan ginjal.

Tags: