Manfaat Kunyit Putih

Posted on

Kunyit putih adalah salah satu tanaman obat yang dapat kita temukan dengan cukup mudah. Ada banyak jenis produk suplemen herbal yang menjadikan kunyit putih sebagai bahan dasarnya. Ada kunyit putih yang dibuat dalam bentuk kering, ada juga yang dibuat dalam bentuk serbuk, serbuk minuman, dan bahkan kapsul. Manfaat kunyit putih yang beragam membuat banyak orang mengolahnya sebagai suplemen herbal.

Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih berbeda dengan kunyit biasa. Dari namanya saja, kita sudah dapat mengetahui bahwa kunyit putih dapat dibedakan dari warna umbinya. Jika kunyit biasa berwarna orange, kunyit putih memiliki warna putih. Kunyit putih bukan merupakan bumbu masak sehingga jarang diketahui. Walaupun bentuknya menyerupai kencur, namun, kunyit putih ini dapat dibedakan dari aromanya yang khas.

Kunyit putih biasanya digunakan sebagai tanaman herbal dan bahan jamu tradisional. Banyak orang memberikan klaim bahwa kunyit putih ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit yang mematikan. Apa hal tersebut benar adanya? Agar kita tidak terjebak dengan hoax yang marak menyebar saat ini, berikut adalah fakta mengenai manfaat kunyit putih bagi kesehatan.

1. Anti nyeri
Manfaat kunyit putih yang pertama adalah sebagai anti nyeri. Kunyit putih memiliki zat yang dapat bersifat sebagai analgesik. Analgesik ini dapat mengurangi rasa nyeri sampai dengan menghilangkan rasa sakit. Oleh karenanya, kunyit putih dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

2. Anti jamur dan anti bakteri
Manfaat kunyit putih yang kedua adalah sebagai anti jamur dan anti bakteri. Kunyit putih biasanya digunakan sebagai obat kumur karena kemampuannya yang dapat mengurangi bakteri dan mikroba lain yang ada di dalam mulut seperti halnya obat kumur komersial. Konsumsi kunyit putih juga dapat menjadi penghambat pertumbuhan jamur di tubuh manusia.

3. Anti inflamasi
Kunyit putih memiliki kandungan zat anti inflamasi atau disebut juga sebagai zat anti radang. Jika Anda mengalami radang atau bengkak, mengkonsumsi kunyit putih dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

4. Anti kanker

Klaim mengenai kemampuan kunyit putih sebagai suplemen yang dapat membantu meringankan penyakit kanker sudah digemborkan banyak orang. Ya, kunyit putih memang memiliki kemampuan untuk menghambat penyebaran sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifannya dan berapa dosis yang harus diberikan untuk mencapai penghambatan maksimal.

5. Antioksidan
Minyak esensial yang berasal dari kunyit putih memiliki sifat antioksidan. Peran antioksidan sangat penting yaitu sebagai pengikat radikal bebas di dalam tubuh manusia agar tidak bereaksi dengan tubuh kita. Zat radikal bebas merupakan salah satu zat pemicu terjadinya kanker sehingga sangat berbahaya. Pengikatan radikal bebas akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh.

6. Mengatasi keputihan dan masalah wanita lainnya
Manfaat terakhir untuk mengatasi keputihan dan masalah kewanitaan. Kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid serta membuat haid semakin lancar. Klaim ini sudah ada di masyarakat, namun, bukti medis masih belum ada sehingga perlu dilakukan penelitian untuk membuktikannya.

Manfaat kunyit putih di atas dapat Anda rasakan dengan mengonsumsinya secara teratur. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara segar atau yang sudah dalam bentuk serbuk dan kapsul. Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran, jangan mengkonsumsi berlebihan. Jika Anda memiliki keluhan kesehatan, melakukan konsultasi dengan dokter akan sangat dianjurkan sebelum mengkonsumsi herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *