Manfaat Senam Lantai

Manfaat Senam Lantai – Cabang senam merupakan cabang olahraga yang pernah dilakukan oleh seluruh orang. Bahkan di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam senam yang secara khusus diberikan sedari dini atau sekolah dasar. Manfaat senam lantai sudah dikenal dengan luas dan senamnya sering dilakukan oleh banyak orang.

Manfaat Senam Lantai

Beberapa gerakannya memang sudah sering dijadikan pelatihan untuk membuat tubuh menjadi bugar seperti rol depan, rol belakang, dan beberapa gerakan lainnya. Gerakan senam lantai yang indah juga sudah menyita perhatian dari masyarakat seluruh dunia dengan masuknya senam ini dalam beberapa kompetisi internasional.

Tidak sembarang orang dapat melakukan senam ini, perlu adanya pendampingan apalagi untuk pemula. Namun adakah manfaat dari senam lantai untuk tubuh? Beberapa dari manfaat tersebut dapat Anda simak di bawah ini :

1. Manfaat senam lantai yang pertama tentu Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga yang biasanya sering dilakukan oleh beberapa orang adalah fitness untuk menjaga kebugaran. Senam lantai juga memiliki efek yang sama untuk tubuh Anda. Hal ini karena meskipun senam lantai tidak menggunakan alat seperti fitness, namun efek dan respon dalam tubuh sama bergeraknya seperti saat melakukan olahraga fitness.

Senam lantai juga dapat mengurangi penimbunan lemak yang ada di dalam tubuh dengan pembakaran yang biasa terjadi saat melakukan olahraga. Apabila senam lantai dilakukan dengan jangka waktu yang telah disesuaikan bahkan rutin maka efeknya akan sangat besar bagi kesehatan tubuh.

2. Memperbaiki bentuk tubuh bisa menjadi manfaat senam lantai yang selanjutnya. Beberapa orang masih kurang puas dengan bentuk tubuh yang dimiliki saat ini. Hal ini memiliki efek yang cukup besar menyangkut percaya pada diri sendiri. Senam lantai dapat membantu Anda dalam menangani beberapa jenis bentuk pada tubuh yang tidak proporsional.

Sebagai contoh seringkali Anda melihat orang memiliki pundak atau punggung yang bungkuk. Senam lantai yang dilakukan secara rutin dapat digunakan untuk mengurangi hal tersebut. Penyebab dari bungkuk ini juga sangatlah beragam mulai dari keturunan sejak kecil, terlalu sering membawa barang berat, atau kegiatan dalam aktivitas yang lain.

3. Mengurangi berat badan tentu menjadi manfaat senam lantai yang paling banyak diminati. Sebenarnya semua cabang olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, atau lebih tepatnya membuat berat badan Anda menjadi ideal. Senam lantai yang dilakukan secara rutin dan dalam waktu tertentu, terbukti dapat membakar lapisan lemak yang ada di dalam tubuh.

Tentunya hal tersebut wajib rutin dilakukan karena olahraga tidak memberikan efek secara instan, namun berkala sesuai dengan waktu yang diberikan. Gerakan yang ada di dalam senam lantai juga nyatanya dapat Anda praktekkan secara maksimal di rumah, apabila Anda sudah merasa yakin dengan kemampuan Anda.

Senam lantai tergolong sebuah senam yang unik, karena memiliki gerakan yang cukup indah dan luwes. Beberapa atlet dari cabang olahraga bahkan memiliki kemampuan lebih dalam hal menari karena senam lantai ini mengajarkan kelenturan tubuh. Menariknya lagi senam lantai jika mulai ditekuni sejak dini akan memberikan pembentukan tubuh yang bagus bagi para atletnya.

Hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan secara sembarangan. Perlu adanya pembimbingan secara berkala hingga Anda dapat melakukan senam lantai sendiri dan mendapatkan manfaat senam lantai yang Anda butuhkan. Maka dari itu jangan sekali-kali mempraktekkan langsung di rumah tanpa adanya pelatih yang profesional dalam bidangnya.

Tags: