Menangani Mesin Mobil Bergetar

Menangani Mesin Mobil Bergetar – Mempunyai kendaraan seperti mobil tentu juga harus bertanggung jawab terhadap perawatannya. Agar mobil tetap selalu dalam keadaan baik dan selalu siap digunakan maka perawatan adalah kunci utamanya. Namun pernahkah Anda mengalami mesin mobil Anda bergetar?

Menangani Mesin Mobil Bergetar

Mesin mobil yang bergetar pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara Anda karena menimbulkan getaran dan suara yang berisik. Terlebih lagi jika mobil terjebak macet maka getaran dan suaranya akan benar – benar terasa, lantas bila mobil Anda mengalami hal tersebut ada beberapa cara untuk menangani mesin mobil yang bergetar :

1. Lakukan Pengecekan Kondisi Mesin Mobil

Apabila mesin mobil Anda bergetar maka Anda perlu mengecek kondisi busi mobil Anda apakah sudah rusak atau mati. Hal ini karena busi juga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi bergetar dan sebaiknya Anda mengecek kondisi pengapian busi tersebut apakah masih maksimal atau tidak untuk digunakan.

Untuk mengeceknya Anda dapat membuka busi dan menempelkannya ke bagian logam yang terdapat pada bagian mobil Anda, kemudian amati secara cermat busi ketika mobil di starter. Apabila nyala api busi berwarna biru maka busi masih layak digunakan, tapi bila warnanya merah atau kuning sebaiknya diganti.

Pengujian juga dapat dilakukan dengan mengukur getaran mesin menggunakan Pengukur Getaran atau Vibration Meter. Bila alat menunjukkan angka getaran yang tinggi maka sebaiknya segera periksakan mobil ke bengkel. Hal ini karena bagian mesin merupakan bagian penting yang kompleks.

2. Cek Bagian Engine Mounting Mobil Anda

Pengecekan selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi engine mounting yang terdapat pada mobil Anda. Lakukan pengecekan untuk mengetahui apakah kondisinya masih dapat bekerja dengan baik atau tidak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melihat karet serta baut yang terdapat pada engine mounting tersebut saat mesin mobil dihidupkan, apabila kedua benda tersebut stabil dan tidak goyang, maka engine mounting masih dalam kondisi normal. Namun apabila bagian karet dan baut engine mounting penyanggah mesin ke sasis bergetar ketika mesin mobil dihidupkan maka segera ganti engine mounting tersebut dengan yang baru.

3. Cek Bagian Karburator Mesin

Bila mobil Anda menggunakan sistem karburator maka lakukan pengecekan pada bagian valve dan idle dengan cara menyetelnya secara perlahan di bagian valve dan idle yang terdapat di bagian karburator tersebut. Setel dengan memposisikan mobil dalam keadaan hidup lalu dimatikan kembali, kemudian lihatlah ke bagian valve karburator.

Bila ada bensin yang berlebih masuk ketika posisi kunci dalam keadaan off atau jika terlihat ada bensin lebih pada mesin mobil Anda sebaiknya segera perbaiki bagian karburator tersebut. Karena perbaikan ini membutuhkan keahlian dan peralatan khusus maka sebaiknya bawalah ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Tags: