Penyebab Kayu Memuai

Posted on

Penyebab Kayu Memuai – Apakah pintu maupun jedela rumah Anda terbuat dari kayu mungkin pernah atau sering mengalami mengembang dan menyusut ukurannya. Pada musim hujan pintu maupun jendela akan memuai sedangkan pada musim panas akan menyusut, hal ini disebabkan karena kayu yang digunakan masih memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Saat musim hujan tentunya lingkungan akan menjadi lebih basah, hal ini membuat kayu akan kembali keukuran semula dan memerlukan beberapa musim lagi untuk mengembalikan ukuran kayu lagi.

Hal ini tentu tidak ingin terjadi pada pintu maupun jedela kayu Anda bukan, oleh karena itu Anda harus melakukan tindakan untuk mengatasi masalah seperti ini. Kandungan kadar air kayu mempunyai standar wajib yang harus dipenuhi, kadar air tersebut dapat diukur menggunakan bantuan alat moisture meter.

Kayu kering yang siap diolah menjadi produk jadi baiknya mempunyai nilai kadar air sekitar 12% atau kurang. Dengan begitu sifat kembang dan susut kayu dapat diminimalisir, sehingga walaupun terjadi hal ini tidak akan berpengaruh terhadap ukuran kayu secara signfikan. Untuk itu proses pengeringan kayu baik secara alami maupun menggunakan oven harus sangat diperhatikan.

Namun bila pintu maupun jendela kayu Anda masih mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda menjemur pintu maupun jendela Anda dibawah sinar matahari dari pagi hingga siang atau sore. Saat kayu benar – benar kering maka pintu maupun jendela akan kembali keukurannya semula. Kemudian Anda dapat menyesuaikan kembali ukurannya dengan kusenannya.

Selain cara tersebut Anda dapat melakukan pengecatan pada bagian atas dan bawah pintu maupun jendela yang masih memiliki pori – pori agar air / uap air tidak merembes melalui pori – pori tersebut. Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum masalah kembang dan susut terjadi karena bila sudah terjadi maka masalah tersebut akan sulit untuk diatasi.

Bila masalah tersebut sudah terjadi setelah Anda mengecatnya maka kemunginan besar Anda harus mengganti pintu maupun jendela kayu Anda. Lapisan cat yang ada pada kayu akan menghalangi uap air di dalam kayu untuk menguapkan meskipun sedang dipanaskan.

Bila Anda mengelupaslapisan cat tersebut lebih dahulu maka hal ini akan mengurangi ukuran pintu maupun jendela tersebut dan nantinya ukurannya tidak akan sesuai lagi ukuran kusennya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena umumnya tukang kayu sudah menyadari dan mengantisipasi hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *