Perbedaan Tanah Humus Dan Tanah Gambut

Perbedaan Tanah Humus Dan Tanah Gambut – Tanah sendiri pastinya sudahlah tidak asing lagi bagi seluruh manusia, hewan ataupun tumbuhan dengan kata lainnya yaitu makhluk hidup yang ada di permukaan bumi hampir seluruhnya hidup ada di atas tanah.

Tanah sendiri mempunyai beragam jenisnya mulai dari tanah dengan kondisi yang kering hingga tanah dengan konsidi yang basah pun ada. Yang dimana setiap tanah mempunyai fungsi serta manfaatnya dalam hal tumbuhan pastinya ataupun digunakan untuk keperluan lainnya yang ada pada pertanian itu sendiri.

Untuk tanah sendiri sangatlah banyak jenisnya khususnya di Indonesia, yang dimana terdapat diberbagai lokasi yang ada disetiap daerahnya seperti tanah humus dan tanah gambut. Tanah humus sendiri merupakan salah satu jenis tanah yang dimana mempunyai warna yang hitam dengan kepekatan yang memang jauh lebih gelap.

Sifat dari tanah humus sendiri yaitu bersifat gembur, yang dimana untuk menanam tanaman sendiri sangatlah cocok apalagi yang memang meninginkan sebuah lahan pertanian yang sangat subur dengan menggunakan jenis tanah yang satu ini.

Dan juga untuk membuat tanah humus sendiri sangatlah mudah, hanya dengan menggunakan tumbuhan – tumbuhan yang telah membusuk ataupun yang sudah tidak terpakai. Dengan menguburnya dalam tanah, sehingga dalam prosesnya akan terbentuk tanah jenis humus.

Serta kandungan yang terdapat pada tanah humus sendiri sangatlah baik dan bisa dicek dengan menggunakan alat ukur ph tanah, yang fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur kandungan ph yang terdapat pada tanah humus yang sudah dibuat tadi.

Sedangkan untuk tanah gambut sendiri merupakan tanah yang ada pada rawa -rawa. Yang dimana di Indonesia sendiri yang terdapat rawa, pastoinya akan ada tanah yang berada di rawa tersebut dan tanah tersebut disebut dengan tanah gambut.

Tanah gambut mempunyai karakteristik yaitu bersifat asam, dengan tekstur lunak serta terdapat pada rawa -rawa dengan kata lain mempunyai kadar tanah jenis basah serta berwarna gelap. Dan hampir menyerupai tanah humus itu sendiri jika dilihat dengan kasat mata. Dan tanah ini tidaklah subur sehingga tidak cocok untuk pertanian.

Tags: