Proses Terjadinya Hujan

Posted on

Proses Terjadinya Hujan – Hujan sendiri merupakan kejadian alam yang dimana tetesan – tetesan air mengalir dari balik awan menuju ke bawah ataupun lebih tepatnya adalah ke permukaan bumi dengan jumlah dan volume yang beragam dalam setiap hujannya.

Hujan merupakan sebuah siklus tahunan yang dimana air menguap menjadi awan yang kemudian turun kembali menjadi sebuah butiran – butiran air yang membasahi bumi, sehingga air akan terus ada di manapun dan kapanpun pada saat kita membutuhkan.

Proses terjadinya hujan sendiri adalah karena suhu udara yang terus menaik seiring dengan waktu berjalan, yang dimana suhu bisa mencapai antara 30 – 40 derajat dengan satuan celsius. Yang dimana suhu tersebut akan mempengaruhi air yang ada di permukaan bumi sendiri.

Permukaan air sendiri pada umumnya berada pada sungai, danau ataupun lautan yang terdapat banyak sekali air yang akan menguap akibat dari pemanasan tersebut. Sehingga uap air akan terbentuk dengan sendirinya hingga menjadi gumpalan – gumpalan yang disebut dengan awan.

Setalah awan terbentuk, barulah masuk ke tahap berikutnya yaitu ketika volume air ataupun kubik air sudah penuh, air tersebut akan mengalir ke bawah menjadi tetesan – tetesan yang jatuh menimpa yang ada di bawah seperti makhluk hidup serta benda mati.

Setelah itu air hujan akan kembali ke tanah ataupun ke tempatnya semula seperti sungai, danau ataupun lautan serta mata air yang dimana siklusnya akan berlangsung selama bertahun – tahun lamanya, dan juga air tidak akan pernah habis selama hujan masih terus ada untuk mengolahnya.

Karena fungsi dari hujan itu sendiri adalah untuk mengolah kembali air – air tawar ataupun air garam yang dimana sering sekali tercemar, dan hujan akan membuatnya bersih kembali serta bisa dikonsumsi apabila dari sumber mata air yang bersih.

Dan hujan pun bisa diprediksikan terjadinya serta suhunya pun bisa diukur dengan menggunakan alat yang bernama weather station atau biasa dikenal dengan nama alat pengukur cuaca yang dimana fungsinya sendiri untuk mengamati cuaca yang akan terjadi. Selain cuaca, suhu juga bisa diukur dengan menggunakan alat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *