Saat Obat Tercerna dalam Lambung

Saat Obat Tercerna dalam Lambung – Saat kita sakit, mengkonsumsi obat tentunya menjadi pilihan kita untuk menyembuhkannya. Namun pernahkah Anda berfikiran apa yang terjadi dengan pil obat ketika kita menelannya? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut suatu kelompok pembuat film singkat merekam rekaan “nasib” pil tersebut saat berada di dalam lambung manusia.

Saat Obat Tercerna dalam Lambung

Menurut sumber dari laman dari Daily Mail pada Sabtu, 30 Juli 2016 silam di studio Macro Room menggunakan kamera dengan lensa makro. Lensa tersebut digunakan untuk melakukan rekaman selang waktu (timelapse) ketika pil obat luruh di dalam lambung.

Untuk melakukan hal itu, para pencipta film menempatkan pil – pil yang akan ditayangkan di atas cawan petri. Setelah itu pil – pil tersebut akan dicelupkan dalam air untuk merekam ketika pil meluruh. Pil pertama yang dicelupkan adalah Advil, tablet pereda rasa sakit dimana salah satu bahan dasarnya adalah ibuprofen.

Cangkang luarnya terlihat meluruh hingga zat kimia berwarna putih di dalamnya merembes ke luar, kemudian membentuk pola semburan yang cantik. Setelah Advil, tablet berikutnya sebagai obyek rekaman adalah GNC Mega Men, multivitamin yang diramu khusus untuk kaum pria. Hasilnya seperti gunung meletus.

Pil selanjutnya tampak seperti tablet putih ibuprofen standar. Ibuprofen adalah salah satu obat pereda rasa sakit. Ketika meluruh, tampak semburat warna – warni dari kuning hingga merah meletup dari dalam kapsul.

Kemudian ada kapsul biru yang dicelupkan dalam air, pertama – tama kapsul itu mengelupaskan selaput luarnya sebelum terbelah dan menyemburkan cairan kimia di dalamnya.

Untuk babak akhir, para pembuat film menempatkan sejumlah pil aneka rupa ke dalam air. Peluruhan pil aneka warna memberikan tampilan spektakuler hingga kemudian warna-warna itu bercampur.

Mengacu kepada Merck Manual, sifat-sifat cangkang luar sebutir pil berdampak kepada kecepatannya meluruh. Ada beberapa pil yang cukup kebal menahan kadar asam (pH) dalam lambung, sehingga baru meluruh setelah sampai di usus besar.

Setelah pil meluruh, obatnya diserap masuk ke dalam aliran darah untuk kemudian berinteraksi dengan protein – protein dan molekul – molekul lain dalam organ – organ tubuh.

Dari beberapa percobaan diatas juga bisa diketahui seberapa lama waktu hancur dari masing-masing tablet percobaan. Atau Anda juga bisa menggunakan Tablet Tester / Alat Uji Waktu Hancur Tablet untuk mengetahui seberapa lama waktu hancur dari tablet yang akan Anda uji.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Manfaat Kunyit Putih
Selengkapnya

Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih adalah salah satu tanaman obat yang dapat kita temukan dengan cukup mudah. Ada banyak jenis produk suplemen…