Tanah Untuk Tanaman Hias

Tanah Untuk Tanaman Hias – Berkebun selain akan membuat tampilan taman dan kebun kita menjadi juga merupakan olah raga yang baik. Namun bila lahan yang Anda miliki terbatas maka Anda dapat menggunakan media tanam berupa pot.

Tanah Untuk Tanaman Hias

Dengan media ini Anda dapat menanam bunga atau jenis tanaman hias lain pada lahan terbatas. Selain itu Anda juga dapat menata dan memindahkan posisinya bila Anda mulai bosan atau tidak suka.

Untuk menanam menggunakan pot tentu media tanah sangat vital dan penting, kini tanah untuk media tanam tersebut juga banyak dijual dengan harga murah dan terjangkau. Namun tidak semua tanaman cocok ditanam pada jenis tanah yang banyak dijual di pasaran tadi.

Bila tanah yang Anda perlukan sangat sulit di dapatkan maka Anda dapat mengkombinasikannya sendiri dengan pupuk atau jenis tanah lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis tanah untuk tanaman hias yang baik yang dapat Anda buat sendiri :

1. Sebagai awalnya Anda tetap dapat membeli tanah untuk media tanam tanaman hias Anda di toko terdekat. Sebagai media tanam, tanah ini menjadi dasar untuk mencampurkan bahan – bahan seperti pupuk dan sejenisnya. Takaran pencampurannya dapat Anda tentukan sendiri sesuai dengan keinginan atau kebutuhan tanaman hias Anda.

2. Setelah itu Anda dapat menambahkan tanah gambut pada komposisi yang sama dengan tanah yang Anda beli dari toko tanaman hias. Setelah Anda membuka wadah tanah gambut sebaiknya basahi dahulu tanah ini, hal ini karena tanah gambut bersifat ringan dan mudah terbawa angin. Campurkan tanah gambut tadi dengan tanah yang akan digunakan di dalam pot

3. Tambahkan perlite atau vermiculite ke dalam tanah tersebut dengan komposisi yang sama dengan tanah pot pada langkah pertama. Baik perlite maupun vermiculite merupakan bahan yang sama karena keduanya memiliki fungsi yang sama. Keduanya berfungi sebagai media tanam yang baik bagi pertumbuhan tanaman hias.

4. Aduk semua bahan tersebut secara merata dan tambahkan air bila dirasa perlu

5. Tambahkan sedikit pupuk, cukup sedikit saja karena campuran tanah tersebut sudah subur, Anda juga dapat menambahkan sedikit sari jeruk untuk membuat pH tanah tersebut sesuai. Untuk lebih memastikannya Anda dapat mengukur pH tanah tersebut menggunakan soil pH meter, alat ini juga dapat mengukur kadar air tanah tersebut.

Jual PH Meter

6. Langkah terakhir adalah memasukkan tanah tersebut ke dalam pot maka tanah tersebut siap digunakan sebagai media tanam bunga atau tanaman hias

Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengkonsultasikan dengan orang yang lebih paham dengan perkebunan atau orang yang lebih lama dalam bidang perkebunan dan hobi berkebun.

Tags: