Uji Ketangguhan iPhone 8

Uji Ketangguhan iPhone 8 – Apple mengklaim iPhone 8 dan iPhone 8 Plus baru yang telah diluncurkannya beberapa waktu lalu dilapisi dengan material kaca paling kuat yang pernah ada pada smartphone, lantas benarkah demikian seperti yang disebutkan?

Uji Ketangguhan iPhone 8

Seorang YouTuber JerryRigEverything mengadakan sejumlah pengujian untuk mengetahui ketahanan material kaca yang diusung di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, walaupun hasil yang didapatkan tidak terlalu mengesankan namun hasilnya tidak mengecewakan.

Sang YouTuber pertama – tama menguji dengan menggunakan skala Mohs untuk mengukur tingkat kekuatan atau ketahanan material kaca yang melapisi bagian layar iPhone 8 dalam menerima goresan. Alat uji kekuatan dan kekerasan ini biasa disebut dengan hardness tester dan ternyata goresan mulai terlihat di level 6, goresan ini semakin banyak pada level berikutnya.

Tingkat ketahanan material kaca iPhone 8 ini mempunyai hasil yang sama seperti iPhone 7 yang bahkan tidak jauh berbeda dari hasil yang dicapai smartphone – smartphone saat ini dengan menggunakan alat pengukuran kekerasan mineral skala Mohs yang sama.

Tidak sampai disitu saja, Youtuber JerryRigEverything juga menggunakan benda – benda tajam lainnya untuk menguji ketahanan layar dan bodi iPhone 8. Benda tajam seperti halnya pisau cutter, koin, sekrup dan lainnya juga digunakannya dan ternyata semuanya tidak berhasil menggores layar.

Pengujian selanjutnya yang dilakukan adalah uji bengkok dimana dalam pengujian ini, iPhone 8 terbukti sangat kuat karena sangat sulit untuk dibengkokkan. Dan ternyata bila dibandingkan dengan material aluminium yang cukup fleksibel di iPhone generasi sebelumnya, material kaca pada iPhone 8 ini mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Pengujian ini juga dilanjutkan dengan melakukan uji jatuh iPhone 8 dari beberapa ketinggian. Uji jatuh ini dilakukan memulainya dengan setingkat lutut, pinggang merupakan ketinggian yang paling sering terjadi, dada, serta kepala.

JerryRigEverything menggunakan dua model iPhone 8 pada pengujian kali ini, model pertama tidak dilengkapi case pelindung, sedangkan model kedua dilengkapi case pelindung. Pada pengujian pertama, kedua iPhone 8 berhasil melewati ujian dengan tidak ada goresan apapun yang terlihat.

Tags: